Belum Banyak Yang Tahu, Begini Cara Mendapatkan NISN dan Cek NISN secara Online!

Belum Banyak Yang Tahu, Begini Cara Mendapatkan NISN dan Cek NISN secara Online!

INFORMASIGTK.COM - Jakarta. Halo para insan pendidik dan para orang tua sekaligus para peserta didik dimanapun berada. Semoga hari kita selalu diberikan kemudahan dan kebahagiaan. Nah kali ini kita coba memberikan panduan cara cek nisn secara online khususnya untuk para peserta didik, para orang tua siswa serta guru, khususnya wali kelas. Cek NISN online ini bisa dilakukan secara mandiri bisa menggunakan perangkat laptop/komputer atau handphone yang terkoneksi ke internet. 

Sebelum kita bahas bagaimana cek NISN secara online, alangkah baiknya kita mengetahui beberapa hal seperti, apa itu NISN, bagaimana cara mendapatkan NISN dan tentu yang cek nisn secara online! Yuk simak sampai selesai.

Apa itu NISN?

NISN adalah kependekan dari Nomor Induk Siswa Nasional berupa kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. Untuk satuan pendidikan non formal, pemberian NISN diprioritaskan  kepada siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional.

Cara Mendapatkan NISN?

Lalu bagaimana cara mendapatkan NISN? NISN dibuat secara general dan otomatis oleh sistem dalam hal ini lembaga yang menerbitkan NISN adalah PDSPK. NISN diberikan kepada peserta didik yang sudah masuk sekolah yang memiliki NPSN dan terdata pada aplikasi sistem pendataan, baik dibawah naungan kemendikbud  (Dapodik) maupun di bawah naungan Depag (Emis). 

Berdasarkan Surat Edaran Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan nomor  31966/A/LL/2016 tanggal 27 Juni 2016 bahwa penerbitan NISN akan dilakukan oleh PDSPK di setiap tahun ajaran baru dengan ketentuan sebagai berikut: 

  1. bagi PD tingkat 1 SD, tingkat 7 SMP, dan tingkat 10 SMA/SMK dengan catatan bahwa, datanya telah diisikan ke dalam aplikasi Dapo-Dikdasmen oleh Operator Sekolah;
  2. bagi PD baru di sekolah TK Kelompok A dan B akan diberikan NISN dengan catatan bahwa, datanya telah diisikan ke dalam aplikasi Dapo-PAUD-Dikmas oleh Operator Sekolah;
  3. bagi PD jenjang kesetaraan Paket A, B, dan C akan diberikan NISN dengan catatan bahwa, datanya telah diisikan ke dalam aplikasi Dapo-PAUD-Dikmas oleh Operator Sekolah

Berdasarkan pemaparan SE di atas, bahwa NISN akan diterbitkan mulai dari tingkat sekolah PAUD, SD kelas 1, SMP kelas 7 dan SMA/SMK kelas 10.

Bagaimana Cek NISN secara Online?

Pada akhir pembahasan ini, sebelum kita bahas lebih lanjut cara cek NISN secara online, ada beberapa data yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan.

  1. Nama siswa yang sesuai dengan nama yang terdaftar di dapodik
  2. Tempat dan tanggal lahir yang sesuai dengan data yang terdaftar di dapodik
  3. Nama ibu kandung yang sesuai dengan nama ibu kandung yang terdaftar di dapodik
Setelah semua dipastikan siap, selanjutnya akses halaman web ini https://nisn.data.kemdikbud.go.id/index.php/Cindex/formcaribynama maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini
Belum Banyak Yang Tahu, Begini Cara Mendapatkan NISN dan Cek NISN secara Online!
Sumber : https://nisn.data.kemdikbud.go.id/

Selanjutnya isikan data yang sudah dipersiapakan pada halaman web tersebut, jangan lupa untu klik ceklis pada kotak disamping tulisan i'm not a robot, lalu klik tombol Cari Data. Lihat contoh,

Belum Banyak Yang Tahu, Begini Cara Mendapatkan NISN dan Cek NISN secara Online!
Sumber : https://nisn.data.kemdikbud.go.id/

Hasilnya seperti di bawah ini, pada tampilan kolom sebelah kanan bisa dilihat dan dicatan NISN yang valid dan terdaftar di PDSPK.

Belum Banyak Yang Tahu, Begini Cara Mendapatkan NISN dan Cek NISN secara Online!
Sumber : https://nisn.data.kemdikbud.go.id/
Cukup mudah bukan?

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan kepada para insan pendidikan, guru TU, peserta didik, orang tua siswa. Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan ragu untuk membagikan informasi positif demi kemajuan dan pengetahuan.

Baca Juga

0 Response to "Belum Banyak Yang Tahu, Begini Cara Mendapatkan NISN dan Cek NISN secara Online!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel