Ini Manfaat dan Syarat Untuk Mendapatkan Microsoft Office 365 Education Gratis Untuk Sekolah

INFORMASIGTK.COM - Halo sahabat pembaca, apa kabar? Sudahkah sekolah, guru, tendik dan para siswa di Sekolah sahabat pembaca memiliki Akun Microsoft Office 365? Dua tahun kebelakang sampai hari ini Dunia masih dihinggapi wabah penyakit yang di sebabkan oleh virus covid 19. Adanya wabah penyakit tersebut berdampak hebat ke sistem pendidikan di Indonesia bahkan Dunia. Dimana kita semua dipaksa harus belajar dari rumah secara online. Dengan berbagai kekurangan mulai dari infrastruktur jaringan, perangkat, sampai kepada pengetahuan para guru di Indonesia yang masih minim dengan sistem pembelajaran online.

Di sisi lain dua perusahaan teknologi terbesar di Dunia seperti Google dan Mircosoft tidak lepas begitu saja terhadap pendidikan di Dunia. Mereka terus berupaya ikut membangun sistem pendidikan di Dunia tidak terkecuali Indonesia. Kedua perusahaan tersebut terus memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan dengan sistem belajar secara online. Jika Google memiliki sebuah produk di bidang pendidikan yang bernama Google Workspace For Education yang diberikan secara free alias gratis, maka Microsoft pun tidak mau ketinggalan, mereka memiliki produk Microsoft Office 365 Education

Apa itu Microsoft Office 365 Education?



Tak kenal maka tak sayang, fokus kita dalam hal ini yaitu mengulas tentang Mircosoft Office 365 Education. Apa itu Microsoft Office 365 Education? Pertanyaan mendasar yang perlu kita ketahui jawabannya agar kita mampu menggunakannya dengan baik. Microsoft Office 365 Education atau biasa juga disebut dengan Office 365 adalah sebuah layanan aplikasi berlangganan dari microsoft yang diberikan secara gratis oleh Microsoft kepada sekolah, madrasah, kampus, guru, tendik dan siswa. Selain itu Microsoft dalam wujud baktinya untuk pendidikan memberikan pelatihan gratis kepada para guru, tendik di Indonesia dengan tujuan agar para guru memiliki kemampuan untuk mengoperasikan MO 365 Edu tersebut.

Microsoft Office 365 ini tidak hanya diberikan secara gratis bagi sekolah, kampus, guru, tendik dan siswa, melainkan banyak Dinas Pendidikan yang juga berlangganan Microsoft Office 365 tersebut. Beberapa diantaranya yaitu di Jawa Tengah dengan jatengpintar.id nya, di Wonogiri dengan pdkwonogiri.id, di Balikpapan dengan balikpapancerdas.id, Binjai dengan macca.id, serta di berbagai daerah lainnya yang tidak bisa Admin sebutkan. Maka saatnya kini sekolah, kampus, madrasah Bapak Ibu dan rekan rekan semua yang terlibat dalam Dunia Pendidikan ikut merasakan segudang layanan gratis yang didedikasikan oleh Microsoft untuk kemajuan Pendidikan khususnya di Indonesia.

Manfaat Microsoft Office 365 Education?

Berbicara tentang Microsoft kita sudah tidak ragu lagi dengan produk produk berteknologi tinggi yang tentu memiliki sejuta manfaat bagi penggunanya di seluruh Dunia tidak terkecuali yang kita bahas pada postingan ini yaitu Microsoft Office 365 Education. Dalam Office 365 sama seperti halnya microsoft office pada umumnya, seperti Ms Office 2007, 2010, 2013 sampai dengan Ms. Office 2021. 

Di dalamnya terdapat aplikasi aplikasi perkantoran seperti Ms. Word, Power Point, Excel dan lain-lain yang sudah tentu memiliki banyak manfaat untuk membantu pekerjaan manusia. Hanya saja pada Office 365 ini sudah bisa digunakan secara online dan terhubung dengan fitur aplikasi lain yang terdapat pada Office 365 seperti, microsoft team untuk mengadakan pertemuan secara online, microsoft form untuk pengumpulan data secara online, one drive penyimpanan berbasis cloud (online) yang bisa kita akses dimanapun saat terkoneksi dengan internet dan masih banyak yang lain. Yang menjadi tantangan kedepannya adalah para pengguna yang harus mampu mengoprasikan fitur fitur aplikasi tersebut agar bisa merasakan manfaatnya.

Apa saja persyaratan untuk menggunakan dan mendapatkan Microsoft 365 Education untuk Sekolah?

Sedikit berbagi, bagi Admin sendiri yang sudah merasakan manfaat adanya Microsoft Office 365 Education terutama dalam pekerjaan online sangat banyak membantu. Mulai dari pengumpulan data, melakukan test online, menyimpan berbagai data secara online dan lain sebagainya. Pertanyaan, maukah rekan rekan menggunakan Office 365 Education ini? 

Di awal sudah dijelaskan, bahwa Office 365 Education diberikan secara gratis oleh Mircosoft bagi Dunia Pendidikan termasuk di Indonesia, tinggal sekolanya yang mengajukkan permohonan untuk bisa menggunakan dan merasakan manfaat Microsoft Office 365 tersebut. 

Dilansir dari halaman resminya https://www.microsoft.com/id-id/ bahwa persyaratan sistem yang diperlukan untuk menggunakan Microsoft Office 365 Education di sekolah, dinas pendidikan dan pemerintah adalah sebagai berikut:

1. Komputer dan Prosesor
  • OS Windows : 1,6 GHz atau yang lebih cepat 2-core
  • macOS : Prosesor intel
2. Memori
  • OS Windows : RAM 4 GB; RAM 2 GB (32 Bit)
  • macOS : RAM 4 GB
3. Hardisk
  • OS Windows : 4 GB ruang disk yang tersedia
  • macOS : 10 GB ruang disk yang tersedia berformah HFS atau APFS
4. Layar
  • OS Windows : Resolusi layar 1280 x 768 (versi 32-bit memerlukan akselerasi perangkat keras untuk layar 4K dan yang lebih tinggi)
  • macOS : Resolusi layar 1280 x 800
note : Resolusi minimum, pengaturan DPI dan skala teks diatur pada 100%. Jika tidak diatur ke 100%, maka resolusi minimum harus disesuaikan.

5. Grafis
  • OS Windows : DirextX 9 atau lebih terbaru dengan WDDM 2.0
  • macOS : -
6. Sistem Operasi
  • OS Windows : W 11, W 10, W 8.1, Windows server 2019 atau Windows server 2016
  • macOS : Versi baru macOS dan dua versi sebelumnya.
7. Browser : Chorome, Microsoft Edge, Firefox, Safari
8. Versi NET : .Net 3.5 atau 4.6

Setelah dipersiapkan perangkat keras dengan sistem yang diperlukan, selanjutnya PERSYARATAN pengajuan Office 365 Education secara gratis yaitu sekolah harus memiliki WEB dengan extension domain .sch.id. contohnya www.smkn1anyer.sch.id. Setelah memiliki domain selanjutnya sekolah menunjuk Admin untuk melakukan pengajuan deploy Office 365. Admin tersebut tentunya paham dan memiliki akses untuk pengeloaan domain web sekolah tersebut atau yang biasa disebut dengan kelola DNS (Domain Name System). Jika sekolah belum memiliki web sekolah bisa membeli domain dan hosting yang kami rekomendasikan, yaitu di idWebHost dan Exabytes.

Kenapa sekolah harus memiliki web dalam pengajuan Office 365 ini? Pada dasarnya web sekolah diperlukan untuk verifikasi kepemilikan domain serta diperlukan juga pembuatan Akun Office 365 untuk setiap warga sekolah mulai dari guru, staf tata usaha dan siswa. Dalam pembuatan akun Office 365 diperlukan sebuah email sekolah khusus yang biasanya berkahiran domain sekolah, contohnya siswa@smkn1anyer.sch.id, guru@smkn1anyer.sch.id.

Semoga bermanfaat 😊
Baca Juga

5 Responses to "Ini Manfaat dan Syarat Untuk Mendapatkan Microsoft Office 365 Education Gratis Untuk Sekolah"

  1. Gratisnya hanya 3 bulan saja ya?

    BalasHapus
  2. Tidak Pak. Selamanya, saya sampai sekarang masih aktif meskipun bukan dari sekolah mendapatkan Akun nya!

    BalasHapus
  3. Jika tidak memiliki email berakhiran domain sekolah, maka memang tidak bisa ya?

    BalasHapus
  4. Bisa, tapi harus berbayar. Kalau mau yang free selain pakai email domain sch.id bisa menggunakan domain .edu (sekolah luar negeri)

    BalasHapus
  5. Tetap tidak mau gratis padahal semua syarat sudah lengkap.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel