Mas Menteri Nadiem Makarim Memastikan Guru Honorer Lulus Passing Grade PPPK Langsung Diangkat Tanpa Tes

Mas Menteri Nadiem Makarim Memastikan Guru Honorer Lulus Passing Grade PPPK Langsung Diangkat Tanpa Tes
Menteri Pendidikan : Nadiem Makarim

INFORMASIGTK.COM - Jakarta, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, memastikan bahwa perekrutan PPPK akan terus dibuka, kepada para guru diberi kehormatan bagi yang lulus passing grade (PG) segera diangkat tanpa ujian. Nadim Makarim memastikan perekrutan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tetap berlanjut.

Dengan kata lain, pemerintah akan terus membuka rekrutmen PPPK sampai kuota satu juta guru PPPK terpenuhi. Setelah itu, Nadim melanjutkan, pemerintah akan menerapkan tata kelola guru secara profesional dan sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah manajemen PPPK

Nadiem Makarim menegaskan bahwa sejak tahun 2021, perekrutan guru PPPK telah menjadi istimewa (banyak afirmasi) karena mereka ingin meningkatkan status honorer mereka.

Nadiem juga mengatakan bahwa sejauh ini, lebih dari 300.000 guru telah berhasil lulus ujian PPPK salama tahun 2021 dan telah mendapatkan penghasilan yang jauh lebih layak.

"Kami akan melanjutkan program PPPK untuk menjamin bahwa guru honorer mendapatkan hak yang sebanding dengan dedikasi mereka," kata Nadiem di Jakarta pada saat peringatan hari pendidikan nasional tahun 2022 (Hardiknas).

Sedangkan bukti keseriusan pemerintah dalam program Guru PPPK ini yaitu dengan memperluas atau memperbanyak kuota PPPK pada tahun 2022.

Selain itu, 193 guru honor yang telah lulus passing grade (PG) tanpa formasi akan diprioritaskan untuk diangkat tahun ini.

Kata Nadim, mereka segera diangkat tanpa adanya pengujian setelah formasinya dibuka. Adapun seleksi yang diterapkan hanyalah verval (verifikasi dan validasi) data.

Itulah sebabnya, Nadim mendorong kepada para pimpinan ditiap daerah untuk segera menyerahkan daftar formasi sebanyak mungkin, khususnya bagi mereka yang memiliki banyak guru honorer yang lulus dari passing grade (PG) tanpa formasi PPPK 2021.

"Para guru honor yang telah lulus dari passing grade tahap 1 dan 2 tidak lagi harus di tes. Mereka disebut sebagai formasi terbuka," kata Nadiem. Infoselanjutnya Nadiem mengatakan bahwa para guru tersebut tidak akan dimutasi ke daerah lain. Mereka akan terus mengajar di sekolah induk atau mengajar di wilayah yang sama (sekolah induk) jika formasi sudah terpenuhi.

Sedangkan untuk seleksi guru PPPK di tahap 3, pemerintah telah memutuskan untuk digabung dengan PPPK 2022. Itulah sebabnya mengapa kuota yang tersedia tahun ini lebih dari 900 rb yang merupakan gabungan dari formasi 2022 dan sisa tahap 3 PPPK 2021.

Baca Juga

0 Response to "Mas Menteri Nadiem Makarim Memastikan Guru Honorer Lulus Passing Grade PPPK Langsung Diangkat Tanpa Tes"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel