Siswa Telat Dilarang Masuk Kelas, Kalau Guru Telat Bagaimana? Harus diapakan?

INFORMASIGTK.COM - Halo sahabat pembaca, bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan sehat. Dalam sebuah grup WhatsApp ada salah seorang karyawan sekolah mengupload sebuah foto hasil karyanya setelah berkeliling sekolah. Foto tersebut tampak pada postingan ini.

Ya pada sebuah foto tersebut yang bertuliskan Guru Telat Dilarang Masuk. Sontak grup pun ramai dengan beragam komentar. Ada yang berkomentar, "Astagfirullah kelas saya", "Bagus itu, kritik yang membangun 😁", "luar biasa", "Tidak usah di permasalahkan tapi diresapi sampai ke hati... Kayak iklan rokok Mild yah🤣🤣🤭", "Keren...critical thinking siswa abad 21".

Semua komentar tersebut bagi Admin sendiri adalah positif, Admin sependapat. Akan tetapi mari kita kaji lebih lanjut, apakah ada penyebab Guru Telat? Bisa jadi tulisan anak tersebut karena ingin menuntut keadilan dan sebagai sikap kritis. Admin doakan siswa yang menulis tersebut bisa jadi pengamat politik 😁.

Dari kacamata siswa
Pertama, seperti yang telah disebutkan di atas tulisan siswa tersebut bisa jadi sebagai upaya menuntuk suatu keadilan dan sikap kritis, nice and good, not bad. Akan tetapi bagi Admin siswa tersebut hanya mengkritisi kulitnya saja, sedangkan dagingya masih sangat jarang di kritisi oleh para siswa yaitu esensi dari ilmu yang disampaikan oleh para guru.

Kedua, bisa jadi itu adalah harapan para siswa dimana tidak ada guru di kelas maka mereka bisa dengan santai santai di dalam kelas, bermain game, membuat video video jenaka dan sebagainya. Mungkin alasan ini terlalu naif tapi dilapangan ada juga yang berharap seperti itu.

Ketiga, tulisan tersebut adalah sebagai sebuah bentuk reaksi para siswa yang memang ingin mengedepankan sikap disiplin di sekolah, baik untuk siswa dan atau untuk guru serta tenaga kependidikan di sekolah. Selain karena menuntut rasa keadilan semata, itulah upaya dari siswa agar semua warga di sekolahnya benar benar disiplin waktu.

Dari kacamata guru
Jika kita melihat dari kacamata guru, admin buat secara general. Pasti ada penyebab kenapa guru bisa datang terlambat. Menyikapi hal demikian sejatinya pimpinan dalam hal ini adalah kepala sekolah harus menegurnya, akan tetapi jika dalam situasi tertentu dengan alasan yang logis apalagi ada informasi sebelumnya kepala sekolah juga bisa memaklum.

Guru merupakan seorang pendidik yang harus memberikan tauladan yang baik kepada anak didiknya, guru bukan hanya mentrasfer ilmu pengetahuan saja, tapi guru harus mampu mentransfer nilai nilai karakter yang positif (transfer of value) kepada anak didiknya. Bagaimana mungkin guru bisa mentrasfer nilai positif sedangkan guru tersebut selalu datang terlambat.

Ada berbagai alasan kenapa guru bisa terlambat masuk kelas. Dari beberapa pengalama guru yang kami himpun, guru telat masuk ke kelas karena ulah beberapa oknum siswa yang membuat guru tersebut tidak nyaman yang mengakibatkan bukan hanya datang terlambat tapi bahkan bisa sampai tidak masuk kelas.

Selanjutnya karena tugas tambahan. Sering kita temukan terutama di tingkat sekolah menengah tidak jarang seorang guru diberikan tugas tambahan seperti bendahara, pembina dan lain-lain, apalagi ketika tugas tambahan tersebut sampai pada kegiatan di luar sekolah. Tugas tambahan tersebut bisa menyita waktu guru untuk mengajar, bahkan tidak jarang juga sampai tidak masuk kelas untuk mengajar. Hal ini memang masih perlu kita kaji kembali bersama.

Guru merasa capek. Beban kerja seorang guru dalam seminggu adalah minimal 24 jam, maksimal 40 jam. Hal ini sesuai degan Permendikbud no 15 tahun 2018 tentang beban mengajar. 24 jam dalam seminggu bukanlah waktu yang tidak singkat, tidak jarang banyak guru yang merasa lelah dan capek dengan beban kerja tersebut, apalagi ketika mendapat jadwal akhir jam pelajaran. 


Kurangnya kesejahteraan bagi para guru, khususnya guru honorer. Hal ini bisa saja dijadikan alasan kenapa guru bisa datang terlambat. Tidak sedikit guru yang membuat usahanya sendiri untuk mencukupi kehidupannya terutama para guru honor dimana hal ini tentu bisa berakibat kepada indispliner, meskipun demikian pendapat ini banyak mengandung pro dan kontra. Bahkan tidak sedikit juga yang bertanya, suruh siapa jadi guru honorer? Ada yang mau jawab, hehe

Dari semua alasan tersebut baik alasan pribadi atau bukan sejatinya guru tetaplah harus memberikan suri teladan yang baik untuk para siswanya. Guru adalah sesosok manusia yang digugu dan ditiru. Guru seharusnya malu ketika datang terlambat ke sekolah dan ke kelas ketika ada jam mengajar. Bagaimana mungkin siswa dapat mencontoh guru dan meneladani guru jika guru itu sendiri memiliki perilaku yang kurang baik.

Terakhir ada sebuah kutipan dari Ki Hajar Dewantara, seorang guru harus dapat membangkitkan atau menggugah semangat siswanya dan seorang guru juga harus dapat memberikan dorongan moral dan semangat belajar, semangat kerja bagi siswanya.

Jayalah Guru Indonesia. Semoga bermanfaat 😊
Baca Juga

0 Response to "Siswa Telat Dilarang Masuk Kelas, Kalau Guru Telat Bagaimana? Harus diapakan? "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel