Yuk Simak! Ini Kuota, Persyaratan dan Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru di Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2022 Melalui Jalur SNMPTN!

INFORMASIGTK.COM - Halo adik adik para siswa siswi SMA/SMK/MA di seluruh Indonesia, khsusunya yang saat ini berada pada tingkat akhir atau kelas 12. Gimana persiapan kalian di semester genap nanti? Sudah ada rencana untuk melanjtukan kuliah, atau mau kerja, atau mau langsung ke KUA? 😀

Bagi siswa siswi kelas 12 SMA/SMK/MA tahun ajaran 2021/2022 yang akan melanjutkan studi atau kuliah di Perguruan Tinggi Negeri sesuai dengan minat dan bakat yang diinginkan, maka wajib mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan hal tersebut, mulai dari mencari informasi tentang kuota siswa, persyaratan siswa, jadwal penerimaan mahasiswa serta persiapan untuk mengikuti ujian seleksi dan lain sebagainya.

Selain itu sekolah harus mengetahui jumlah kuota siswa terbaik yang akan mengikuti seleksi penerimaan calon mahasiswa baru tahun 2022. Adapun kuota siswa tiap sekolah yang dapat mendaftar seleksi penerimaan calon mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri tahun 2022 melalui jalur SNMPTN dihimpun oleh  Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). 

Berikut adalah ketentuan kuota siswa yang dapat mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi Negeri tahun 2022. 

  1. Sekolah Memiliki NPSN 
  2. Sekolah telah terakreditasi
    • Akreditasi A, 40% terbaik di sekolahnya
    • Akreditasi B, 25% terbaik di sekolahnya
    • Akreditasi C, 5% terbaik di sekolahnya
  3. Mengisi Panggakalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Data siswa yang diisikan hanya siswa yang Eligible sesuai dengan ketentuan.
Selain itu berikut kami sampaikan persyaratan peserta yang harus dipenuhi untuk mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun 2022 di Perguruan Tinggi Negeri. 
  1. Adalah siswa SMA/SMK/MA Kelas 12 Tahun 2022
  2. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri.
  3. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di PDSS
  4. Memiliki nilai rapor dari semester 1 sampai dengan semester 5 yang telah diisikan di PDSS
  5. Bagi calon pendaftar yang memilih program studi seni dan olahraga, wajib mengunggah portofolio
Selain informasi di atas, yang tak kalah penting bagi sekolah dan para siswa yang akan mendaftar atau mengikuti seleksi calon mahasiswa tahun 2022 melalui jalur sekolah atau SNMPTN yaitu tahapan dan jadwal. Berikut ini kami sampaikan informasi rangkaian kegiatan serta jadwal penerimaan calon mahasiswa baru tahun 2022 yang dilansir dari situs LTMPT.
  1. Kuota Sekolah
    • Pengumuman kuota sekolah : 28 Desember 2021
    • Penutupan Masa sanggah kuota sekolah : 17 Januari 2022
  2. Pembuatan Akun LTMPT : 04 Januari - 15 Februari 2022
  3. PDSS dan SNMPTN
    • Sosialisasi PDSS : 01 Desember 2021 - 08 Februari 2022
    • Sosialisasi SNMPTN : 01 Desember 2021 - 28 Februari 2022
    • Launching Kegiatan PMB : 04 Januari 2022
    • Pendaftaran SNMPTN : 14 - 28 Februari 2022
    • Pengumuman Hasil SNMPTN : 29 Maret 2022
    • Pengisian PDSS : 08 Januari - 08 Februari 2022
    • Penetapan Siswa Eligible : 04 Januari - 08 Februari 2022
Sementara ketentuan dalam pemilihan Program Studi adalah sebagai berikut:
  1. setiap siswa yang mendaftar boleh memilih dua program studi dari dua Perguruan Tinggi Negeri atau satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN)
  2. selanjutnya, jika siswa memilih dua program studi, maka salah satu program studi yang dipilih pada PTN harus satu provinsi dengan SMA/SMK/MA asalnya, namun jika siswa hanya memilih satu program studi saja maka dapat memilih PTN di provinsi mana pun.
  3. Disarankan tidak lintas minat (Tergantung kebijakan dan ketentuan PTN masing-masing)
Berikut adalah alur proses penerimaan calon mahasiswa baru tahun 2022 melalui jalur SNMPTN
alur proses snmptn 2022
Sumber gambar : website LTMPT

Ketentuan lainnya yaitu pemeringkatan siswa. Adapun dalam pemeringkatan siswa yang mendaftar untuk mengikuti SNMPTN tahun 2022 dilakukan oleh sekolah dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Dalam pemeringkatan siswa oleh sekolah pada dasarnya adalah memperhitungkan nilai mata pelajaran berikut:
    • SMA Jurusan IPA meliputi mapel: Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia dan Biologi
    • SMA Jurusan IPS meliputi mapel : Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi dan Geografi
    • SMA Jurusan Bahasa meliputi mapel : Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Sosiologi dan Bahasa Asing pilihan
    • SMK meliputi mapel : Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Kompetensi keahlian 
  2. Jika ada kesamaan nilai saat perhitungan, maka sekolah dapat menambahkan nilai lain berupa prestasi akademik dalam pemeringkatan tersebut
  3. Jumlah siswa yang masuk dalam pemeringkatan adalah sesuai dengan jumlah kuota akreditasi sekolah.
Demikian informasi tentang penerimaan calon mahasiswa baru di perguran tinggi negeri tahun 2022 melalui jalur SNMPTN. Semoga informasi tersebut dapat membantu sekolah dan siswa di seluruh Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri yang dituju. Semoga berhasil :-)
Baca Juga

0 Response to "Yuk Simak! Ini Kuota, Persyaratan dan Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru di Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2022 Melalui Jalur SNMPTN!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel