Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Platform Merdeka Mengajar


Informasigtk.com - Tahun 2022 ini pemerintah dalam hal ini Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sedang gencar mensosialisasikan dan mengimplementasikan kurikulum merdeka. Sebelumnya beberapa sekolah sudah menerapkan kurikulum merdeka melalui beberapa program yang telah dibuat seperti program sekolah penggerak bagi SMA dan Program SMK PK bagi Sekolah Kejuruan. Namun seiring berjalannya waktu kurikulum yang mulanya bernama kurikulum prototipe kini berubah nama menjadi kurikulum merdeka yang akan diimplementasikan ke semua jenjang sekolah.

Dalam upaya mengimplementasikan kurikulum merdeka, kementrian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi membuat sebuah platform merdeka mengajar. Hal ini dilakukan agar para pendidik khususnya guru dan kepala sekolah dapat memahami lebih detail tentang kurikulum merdeka. Mungkin saat ini sudah banyak guru yang mendengar kurikulum merdeka, namun mereka belum sepenuhnya tahu dan paham. Maka dari itu kami sedikit memberikan gambaran kepada rekan rekan guru dimanapun berada memahami dan mengimplementasikan kurikulum merdeka melalui sebuah platform merdeka mengajar.

Apa itu Platform Merdeka Mengajar?

Dikutip dari halaman resmi kemdikbud.go.id Platform Merdeka Mengajar (PPM) adalah sebuah aplikasi teknologi yang dirancang oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia untuk para guru agar dapat menjadi teman penggerak bagi Guru dalam mengajar, belajar, dan berkarya dalam upaya mengimplementasikan kurikulum merdeka.

Sesuai dengan namanya platform merdeka mengajar diperuntukkan bagi para guru dan kepala sekolah. Dalam aplikasi atau platform merdeka mengajar, setidaknya ada lima produk yang telah ada. Kelima produk platform merdeka mengajar itu antarala lain:

Video inspirasi

Pada produk ini disediakan berbagai video insparsi yang bisa diakses oleh para guru, baik itu yang disediakan langsung oleh kementrian atau oleh rekan guru dan kepala sekolah lain.

Pelatihan mandiri

Berisikan berbagai macam pelatihan mandiri yang telah dibuat oleh para ahli di kementrian pendidikan, kebudayaan riset dan teknologi. Pelatihan mandiri ini bisa dilakukan oleh para guru kapan pun dan dimanapun selama bisa diakses.

Bukti karya saya

Adalah sebuah penyimpanan dokumen karya yang dibuat oleh para guru dan kepala sekolah sebagai gambaran kinerja, kompetensi serta prestasi yang dicapai selama berprofesi sebagai guru dan kepala sekolah.

Assesmen murid dan

Yaitu berisi kumpulan paket soal berdasarkan fase dan mata pelajaran tertentu, untuk membantu Anda mendapatkan informasi dari proses dan hasil pembelajaran murid.

Perangkat ajar

Yaitu memuat berbagai materi pengajaran untuk mendukung kegiatan belajar mengajar Anda, seperti bahan ajar, modul ajar, modul proyek, atau buku teks

Platform ini bisa digunakan oleh para guru dan kepala sekolah meskipun sekolahnya belum menggunakan kurikulum merdeka dan sebagai upaya persiapan ketika sekolah akan menggunakan kurikulum merdeka.

Kelima produk yang disipkan oleh platform merdeka mengajar bisa dijadikan sebagai referensi atau sumber mengajar bagi para guru untuk meningkatkan kompetensi atau secara tidak langsung dapat meningkatkan karirnya sebagai guru dan menyongsong pembelajaran paradigma baru. 

Sebagai seorang guru, tentu dituntut untuk terus belajar, meningkatkan kompetensinya dalam melaksanakan pembelajaran paradigma baru maka dengan adanya platform merdeka mengajar para guru bisa menggunakannya meskpun saat ini tidak ada kewajiban untuk menggunakan platform merdeka mengajar apalagi platform merdeka mengajar ini disediakan secara gratis oleh kementrian pendidikan kebudayaan riset dan teknologi.

Bagaimana Cara Mengakses atau Login ke Platform Merdeka Mengajar?

Untuk mengakses platform merdeka mengajar dapat diakses melalui dua cara.

  1. Melalui aplikasi Merdeka Mengajar yang dapat diunduh di Google Play Store.
  2. Melalui situs https://guru.kemdikbud.go.id/ yang dapat dibuka di browser laptop, komputer, maupun ponsel.
Bagi rekan rekan guru dan kepala sekolah yang ingin menggunakan aplikasi merdeka mengajar versi mobile atau handphone berikut ini adalah cara download dan install platform merdeka mengajar.

Melalui Google Play Store:

Buka Google Play Store pada ponsel Android Anda.
  • Masukkan "Merdeka Mengajar" di kotak pencarian.
  • Klik Instal.
Melalui tautan:
  • Klik Instal.
Pastikan Anda menggunakan perangkat berbasis Android 5 (Lollipop) ke atas. Sedangkan untuk bisa mengakses platform merdeka mengajar yaitu login menggunakan Akun Belajar.id(Akun Pembelajaran) atau madrasah.kemenag.go.id (Akun Madrasah).

Selain gratis, aplikasi ini tentu akan terus dikembangkan dengan menyesuaikan perkembangan kebutuhan dari para guru dan kepala sekolah, maka dari itu ketika rekan rekan guru sudah menggunakan platform merdeka mengajar ini, harus memeriksa secara berkala melalui playstore. Selanjutnya jika rekan guru membutuhkan bantuan terkait platform merdeka mengajar ini, rekan rekan guru bisa menggunakan salah satu fitur Pusat Bantuan dengan cara sebagai berikut:

  • Buka halaman Pengaturan pada aplikasi Merdeka Mengajar.
  • Klik Pusat Bantuan.
  • Telusuri artikel yang tersedia untuk menemukan jawaban atas pertanyaan Anda.
  • Buka salah satu artikel yang dirasa sesuai. Jika jawaban tidak Anda temukan, klik Hubungi Bantuan di bagian bawah halaman

Demikian informasi gtk yang dapat kami sampaikan, semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat bagi rekan rekan guru di Indonesia maupun di luar negeri.

Baca Juga

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Platform Merdeka Mengajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel